Makanan Korea yang lezat disantap di Musim Dingin

Masakan Korea

Sebagai negara empat musim, Korea menawarkan kuliner yang disesuaikan dengan musim yang sedang berlangsung. Kalau musim panas identik dengan hwajeon, di musim dingin Korea pun menawarkan kuliner yang tak kalah lezatnya. Apa saja ya? Yuk intip bersama!

Tteokbokki
Meski secara harafiah memiliki arti “stir-fried rice cake” atau kue beras yang digoreng, penampakan tteokbokki tidak demikian. Bahan utama tteokbokki adalah garae-tteok atau kue beras yang berbentuk silinder yang dicampur dengan eomuk (fish cake). Keduanya dimasak dengan kaldu ikan serta beragam sayur seperti kubis, wortel, bawang serta saos merah. Harga tteokbokki cukup bervariasi, sekitar 2.500 hingga 3.000 Won,  tergantung dimana Anda membelinya.

Kkochi eomuk
Kkochi eomuk atau yang dikenal dengan fish cake skewers ini merupakan eomuk yang ditusuk selayaknya sate kemudian direbus dalam kaldu yang dibumbui dengan lobak dan rumput laut. Kkochi eomuk dikenal sebagai penyeimbang rasa pedas yang ditimbulkan ketika Anda menyantap tteokbokki. Kkochi eomuk pun kerap dijual satu tempat dengan tteokbokki. Harganya terbilang cukup murah, hanya 500 hingga 1000 Won saja.

Hoppang
Hoppang merupakan makanan sejenis bakpao yang diisi pasta kacang merah, daging, keju, sayuran, ubi jalar, labu manis dan masih banyak lagi. Selain rasanya yang enak, asal nama makanan ini pun cukup unik. Nama hoppang berasal dari bahasa Korean onomatopoeia yaitu “ho ho” yang juga digunakan untuk meniup makanan yang panas serta suara tertawa dari keluarga yang sedang menikmati hoppang. Hoppang dibanderol dengan harga sekitar 700 hingga 1000 Won.


Hotteok
Hotteok merupakan merupakan pancake khas Korea yang sering disebut juga dengan nama hoddeok. Tidak seperti pancake yang dikenal luas saat ini sebagai camilan tanpa isi, Korean sweet pancakes yang dibuat dari adonan tepung ketan ini diberi isi berupa campuran gula merah, kacang-kacangan serta kayu manis sebagai menambah aroma. Kuliner berbentuk bulat pipih ini dapat Anda temukan di Insadong dan Namdaemun Market di Seoul dengan harga sekitar 700 hingga 1000 Won.

Roasted chestnuts
Ternyata roasted chestnuts tak hanya populer di Eropa, namun juga populer di Korea. Camilan ini termasuk kuliner kenamaan Korea saat musim dingin tiba. Satu kantong kecil chestnuts panggang dijual seharga 2000 hingga 3000 Won saja.

Bungeoppang
Bungeoppang merupakan salah satu makanan khas musim dingin di Korea. Camilan berbentuk miniatur ikan berisikan pasta kacang merah ini terasa sangat nikmat. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau. Dengan 2000 Won saja Anda sudah dapat menikmati 3 hingga 5 buah bungeoppang.


Referensi : Panduanwisata.com

Micky R Saputra

No comments:

Post a Comment