Kawah Putih Ciwidey, Bagaikan di Negeri Dongeng

Kawah Putih

Jika kamu ingin berkunjung ke Kawah Putih dapat melalui jalan raya Soerang-Ciwidey atau dekat dengan objek wisata Situ Patenggang. Suhu udara rata-rata di kawasan sekitar Kawah Putih cenderung sejuk hingga dingin namun sangat segar karena terletak di ketinggian 2400 meter diatas permukaan laut. Oleh karena itu sediakan jaket tebal sebelum pergi ke kawah putih Ciwidey.

Sesuai dengan namanya “Kawah Putih” merupakan sebuah kawah yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha pada abad ke 10 silam dengan air yang berwarna putih sehingga sangat indah untuk anda saksikan. Dulu warga sekitar menganggap Gunung Patuha sangat angker karena banyak ditemukan burung mati didekat puncak gunung hingga akhirnya pada tahun 1837, seorang Jerman yang bernama Dr Franz Wilhelm melakukan penelitian dan menemukan Kawah Putih.


Eksotisnya kawah putih
Lihat betapa exotisnya Kawah Putih via.anekawisata.com
Dikelilingi tebing tinggi kawah putih
Di kelilingi tebing yang tinggi bagaikan didalam benteng via.anekatempatwisata.com


Ketika pertama kali ke objek wisata Kawah Putih Ciwidey, maka kamu akan merasa berada di dunia dongeng karena panorama alam yang sangat Indah, sebuah kawah yang sebagian besar berwarna putih dengan air berwarna kehijauan ditambah bukit yang mengelilingi serta ranting pohon mati sangat unik dan mungkin tidak akan kamu jumpai tempat serupa di seluruh Indonesia.

Baca Juga:

Pemandangan alam Kawah Putih seperti musim dingin di negara empat musim sehingga kerap dijadikan lokasi pemotretan foto prewedding bagi pasangan yang akan menikah. Sekitar tahun 1970an, akses untuk menuju kesana sangat sulit karena medan pengunungan ditambah lagi belum dibangunnya berbagai fasilitas membuat keindahan Kawah Putih jarang ter-ekspose.

Jalan menuju ke kawah juga memadai
Jalan menuju ke kawah juga memadai via.initempatwisata.com
Papan Harga Tiket Masuk
Papan Harga Tiket Masuk via.kawah-putih.com



Hingga akhirnya pada tahun 1987, pemerintah setempat membangun berbagai fasilitas sehingga membuka akses bagi wisatawan yang ingin berkunjung kesana. Ketika berkunjung ke kawah putih kamu tidak perlu repot membawa bekal karena disekitar lokasi objek wisata sudah tersedia restoran, warung makan, mushola hingga toilet serta berbagai fasilitas lainnya.

Objek wisata Kawah Putih terbuka untuk umum dan buka setiap hari mulai pukul 7 pagi hingga 17 sore dengan biaya masuk hanya sebesar 15 ribu per orang, sangat murah bukan. Kamu bisa sepuasnya berfoto bersama pasangan ataupun teman disekitar kawah. Karena Gunung Patuha masih berstatus berapi sehingga setiap pengunjung tidak disarankan terlalu lama didalam kawah karena kadar belerang yang begitu tinggi sehingga dapat menganggu pernafasan, jadi bawa masker apabila diperlukan.
Gerbang Masuk
Gerbang Masuk via.anekatempatwisata.com
Sering juga di gunakan untuk tempat prewedding
Sering juga di gunakan untuk tempat prewedding via.nelson-s.co


Sebagai gantinya kamu dapat mendaki perbukitan disekitar kawah, menghirup udara segar dan menikmati pemandangan kawah dari atas bukit yang merupakan puncak Gunung Patuha. Mungkin cukup sekian informasi tentang keindahan objek wisata Kawah Putih, jadi apabila kamu berniat berkunjung ke Bandung dalam waktu dekat maka dapat singgah sejenak untuk menyaksikan pesona keindahan kawah putih Ciwidey

Jalan Alternatif ke Kawah Putih.
1. Ke arah selatan di Jalan Terusan Buah Batu menuju Jalan Adhyaksa Raya 400 m
2. Terus ke Jalan Raya Bojongsoang 2,9 km
3. Belok kiri menuju Jalan Raya Dayeuhkolot 700 m
4. Belok sedikit ke kanan menuju Jalan Raya Banjaran 1,1 km
5. Terus ke Jalan Banjaran Raya 3,6 km
6. Belok kanan menuju Jalan Bojong Waru – Bojong Malaka 150 m
7. Belok kiri menuju Jalan Bojong Pulus – Sukasari 1,4 km
8. Terus ke Jalan Kampung Rancaenggang 400 m
9. Terus ke Jalan Kampung Kalapatilu 650 m
10. Belok kiri menuju Jalan Rancatungku 1,1 km
11. Belok kanan menuju Jalan Sukamaju 400 m
12. Belok kiri menuju Jalan Gandasoli 2,0 km
13. Belok kiri menuju Jalan Gandasoli 350 m
14. Belok kanan untuk tetap di Jalan Gandasoli 250 m
15. Belok kanan menuju Jalan Gandasari 800 m
16. Belok sedikit ke kiri menuju Jalan Raya Soreang 3,2 km
17. Belok kanan menuju Jalan Raya Soreang – Ciwidey 3,2 km
18. Terus ke Jalan Raya Ciwidey 9,8 km
19. Belok sedikit ke kiri menuju Jalan Ciwidey – Rancabali 4,2 km
20. Terus ke Jalan Ciwidey – Babakan Jampang 1,0 km
21. Terus ke Jalan Babakan Jampang – Cibuni 4,7 km
22. Belok kiri menuju Jalan Kawah Putih 190 m
23. Belok sedikit ke kanan untuk tetap di Jalan Kawah Putih 5,3 km

Pesona keindahan alam yang dimiliki oleh Kawah Putih Bandung dapat menarik banyak wisatawan domestik maupun Internasional. Kebanyakan rombongan pariwisata yang berkunjung untuk liburan ke tempat-tempat wisata di ciwidey bandung lebih memilih untuk menggunakan jasa travel. Selain bisa menghemat waktu dan lebih menghemat biaya serta wisatawan tidak perlu lagi merasa pusing-pusing dengan petunjuk jalan untuk menuju lokasi obyek wisata kawah putih ciwidey.

Ada yang seru disini:

Rute Transportasi Umum ke Kawah Putih.
Transportasi menuju wisata kawah putih dengan menggunkan kendaraan umum seperti Bus dapat Anda jadikan pilihan. Banyak Bus antar kota ataupun bus antar Provinsi yang rute perjalanannya menuju kota Bandung.

Dari manapun Anda berasal, rute perjalanan yang pertama kali harus Anda tempuh adalah menuju terminal Leuwi Panjang Bandung.

Kemudian setelah Anda sampai di terminal leuwi panjang bisa dilanjutkan untuk menuju lokasi Kawah Putih dengan menggunakan kendaraan umum dengan rute sebagai berikut :
– Dari Terminal lewi Panjang naik Mini Bus (L300) dengan jurusan Bandung – Ciwidey, dan Anda akan berhenti di terminal Ciwidey.
– Dari Terminal Ciwidey Naik Angkutan Umum (angkot) dengan jurusan Ciwidey – Situ Patenggang, Ciri-ciri yang mencolok dari angkot tersebut adalah berwarna kuning, dan Anda dapat meminta untuk turun di pintu Gerbang Kawah Putih
– Dari Pintu Gerbang Kawah Putih Anda dapat menggunakan angkutan yang telah disediakan oleh pihak pengelola Obyek Wisata Kawah Putih yaitu mobil shuttle.

Harga Tiket Masuk Kawah Putih.
Harga tiket masuk wisata Kawah Putih Ciwidey adalah : Rp. 15.000,- perorang, untuk wisatawan domestik/Lokal. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara akan dikenakan biaya Rp 30.000,-
Dari pintu gerbang Kawah Putih menuju lokasi puncak berjarak sekitar 5 Km, dengan jalan yang menanjak naik ke atas, tentunya tidak mungkin jika harus ditempuh dengan berjalan kaki.

Untuk dapat sampai dilokasi juga telah disediakan alat transportasi yang dinamakan ontang anting dengan tarif Rp 10.000,- perorang untuk Pulang Pergi sebagai salah satu sarana pendukung pariwisata kawah putih Ciwidey, mobil ini akan siap mengantarkan para pengunjung dari pintu gerbang menuju puncak kawah. Nama dari Ontang Anting diambil dari bahasa sunda yang berarti mondar-mandir.

Biaya Parkir Kendaraan di Kawah Putih.
Tersedia dua area parkir bagi para wisatawan yang berkunjung dengan menggunakan kendaraan pribadi, kedua area parkir tersebut yang 1 terdapat di bawah dekat dengan gerbang masuk dan area parkir atas yang dekat lokasi Kawah Putih.

Tarif Parkir Bawah :
– Kendaraan roda dua / motor  tarifnya sebesar Rp. 5000,-
– Kendaraan roda empat / mobil tarifnya sebesar Rp. 6000,-
Jika kendaraan wisatawan parkir di bawah untuk sampai ke lokasi puncak kawah bisa dilanjutkan dengan menggunakan jasa transportasi ontang-anting dengan tarif seperti yang sudah di jelaskan di atas.

Tarif Parkir Atas :
Biaya parkir kendaraan Roda empat / mobil di areal parkir atas adalah Rp. 150.000,-
Biaya di areal parkir atas memang dikenakan tarif yang cukup mahal, namun tentunya wisatawan tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk naik ontang-anting, misalnya jika kendaraan travel yang anda gunakan memiliki penumpang 15 orang maka 150.000 dibagi 15 orang hasilnya akan sama dengan 10.000, harga ini akan sama saja dengan biaya yang harus dikeluarkan wisatawan jika menggunakan jasa ontang anting. Bedanya hanya sedikit saja yaitu terletak pada pemakaian bahan bakar minyak.

Harga tiket masuk obyek wisata kawah putih diatas kami dapatkan dari sumber yang terpercaya, karena bersumber langsung dari salah satu pihak pengelola objek wisata tersebut. Namun beliau juga menuturkan bahwa tarif bisa saja berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan seperti pada waktu hari libur panjang. Anda juga bisa sekalian berwisata menuju Gunung Tangkuban Perahu yang juga menjadi salah satu tempat wisata di Bandung yang populer.

Untuk Anda yang tidak ingin repot dan tidak ingin membuang banyak waktu untuk liburan ke Ciwidey Bandung dan sekitarnya dapat membeli Paket Wisata Bandung yang dapat mempermudah perjalanan liburan Anda atau bisa juga menyewa mobil di rental mobil bandung dan y beberapa pilihan hotel murah di bandung mungkin dapat Anda jadikan referensi.




Kawah Putih Ciwidey
Jl. Raya Soreang Ciwidey, Ciwidey, 
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Jam buka 07.00–17.00

Referensi : yoshiwafa.com , Bintang.com

Micky R Saputra

No comments:

Post a Comment