Jawa Timur Park 1, Wahana Bermain sekaligus Belajar

Pintu Masuk Jatim Park 1 Penuh Sesak saat musim Liburan
Pintu Masuk Jatim Park 1 Penuh Sesak saat musim Liburan Via.villahotelbatu.com

Jatim Park 1 Malang merupakan salah satu wahana rekreasi keluarga yang terletak di lereng bagian timur gunung Panderman Kota Batu dengan ketinggian 850 MDPL, sehingga tidak saja menawarkan rekreasi yang mengasyikkan namun juga hawa yang sejuk dan panorama yang indah.

Selain media untuk rekreasi, Jatim Park 1 juga mengusung konsep edukasi dengan dilengkapi wahana Galeri Belajar bernama Science Stadium. Bangunan yang berkapasitas 300 orang ini dilengkapi dengan alat peraga ilmu terapan baik yang indoor maupun outdoor. Keberadaan alat-alat peraga ini didukung oleh PLN, Telkom, Rimba Raya, dan sejumlah Universitas di Jawa Timur.

Peta Jatim Park 1
Jatim Park 1 Cukup Luas, tanpa Peta dijamin nyasar nih kita via.mday.info

Wahana Air di jatim Park 1
Disana juga menyediakan Wahana Air lengkap dengan patung Buto via.agenwisatabromo.com

Lokasi atau Alamat Jawa Timur Park 1


Alamat Jatim Park 1 terletak di Jalan Kartika 2 Kota Wisata Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Nomor telp. (0341) 597777 & SMS Center di 0857-5529-7777.

Akses jalan menuju ke objek wisata Jatim Park 1 sangat mudah untuk dilalui baik menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Jika Anda dari pusat kota Malang, Anda bisa sampai di kota wisata Batu dalam waktu sekitar 30 menit saja. Jika menggunakan kendaraan pribadi, maka Anda bisa menggunakan salah satu dari 2 jalur alternatif yaitu melalui jalan Ahmad Yani lalu berbelok di Karang Lo atau lurus saja melalui jalan Tlogomas

Kendaraan Pribadi:

Setelah masuk kota Malang, bertanyalah rute menuju kota Batu atau bisa juga melihat papan petunjuk rambu-rambu lalu lintas > Anda akan melewati kampus UMM dan gapura selamat datang di Kota Batu > Ikuti terus jalan utama tersebut hingga bertemu pertigaan. Di sini Anda tidak bisa lurus dan harus belok ke kiri karena one way atau satu arah > Ambil lajur kanan karena jalan akan dibagi menjadi dua (dipisah dengan pembatas jalan). Lajur kiri ke arah Jatim Park 2 dan Batu Night Spectacular, sedangkan lajur kanan ke arah Jatim Park 1, Museum Angkut, Kusuma Agrowisata, Taman Selecta Malang dan lainnya.

Kendaraan umum:

Stasiun Malang.
Setelah turun dari kereta, naiklah angkutan umum berkode AL atau ADL untuk menuju ke terminal Landung. Setelah sampai dilanjutkan ke terminal Batu dengan naik angkutan berkode BL atau BTL lalu setelah itu Anda bisa langsung turun di pintu gerbang Jatim Park 1. Waktu tempuh dari Malang ke Batu sekitar 1 jam jika lancar tanpa banyak ngetem sedangkan tarif angkutan di Malang sebesar Rp 3.000,- baik jarak jauh maupun dekat.

Baca juga : Eco Green Park, Lebih dari sekedar wahana bermain

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Jatim Park 1


Jam Buka
Jatim Park 1 buka pada jam pukul 08.30 dan tutup pada pukul 16.30 wib.

Harga Tiket Masuk
Senin – Kamis: Rp. 60.000,-
Jum’at – Minggu dan High Season: Rp. 80.000,-
Anak-anak dengan tinggi badan di bawah 85 cm gratis
Harga tiket masuk sudah termasuk akses ke 51 wahana.

Harga tersebut tidak termasuk untuk wahana Go Kart, Flying Fox, Arena Ketangkasan, Trampolin, Games Room dan Perlengkapan kolam renang.

Wahana bermain di Jatim Park 1


Jatim Park 1 Malang memiliki lebih dari 50 buah wahana yang bisa dinikmati. Berikut beberapa daftar wahana di Jatim Park 1 Batu Malang:

Outdoor Science Center
Outdoor Science Center
Outdoor Science Center


Learning Gallery
Learning Gallery
Learning Gallery

Agro Park
 Agro Park

Agro Park


Prehistorical Scene
Prehistorical Scene
Prehistorical Scene


Flumride and Mythologies
Flumride and Mythologies
Flumride and Mythologies


Baby Zoo

Playground
Playground
Playground


Convoy Car


Dan masih banyak lagi diantaranya :
Mini Jet
Games Room
Remote Car
Wall Climbing
Sky Swinger
Bioskop 3D
Ethnic Gallery
History Park
Numismatic Gallery
Post Office Diorama
Midi Skater Battery Car
Trampoline
Samba Ballon
Sand Garden
Gokart
Children Mini Cross Area
Star Chase
Bumper Boat
Ghost Mansion
Columbus
Mini Train
Lazer Bumper Car
Bouncy Castle
Pendulum
Air Borne Shot
Volcano Coaster
Flower Gallery
Galaxy Bumper Car
Spinning Coaster Dragon Coaster
3D Ghost Haunter
Funtastic Swimming Pool
Water Boom
Pipe House
Fish Park
Amphiteather

Fasilitas Umum di Sekitar Jatim Park 1


Hotel di Sekitar Jatim Park 1
Ada banyak hotel, villa atau penginapan di sekitar objek wisata Jatim Park dengan rentang harga yang bervariasi dari mulai 200rb hingga 2 juta permalamnya. Jadi Anda bisa memilih hotel atau pengingapan menyesuaikan dengan bugdet yang Anda miliki. Jika Anda berniat untuk bermalam di sekitar Jatim Park 1, sebaiknya melakukan booking hotel secara online terlebih dahulu.
Selain untuk mengantisipasi kehabisan kamar saat high season, Anda juga dapat memilih hotel secara leluasa menyesuaikan fasilitas dan kocek Anda tanpa harus mendatangi hotel satu persatu untuk menanyakannya. Bahkan Anda bisa menemukan hotel berbintang yang memberikan diskon hingga 60% jika melakukan pemesanan secara online. Anda bisa booking hotel secara online di Agoda (kartu kredit) atau PegiPegi (bisa dengan transfer) dengan memasukkan kata kunci: “Jatim Park Malang“.

Rumah Makan
Kita bisa menjumpai banyak Outlet makanan & minuman baik di dalam kawasan wisata Jatim Park 1 maupun di luar yang masih dekat dengan objek wisata Jatim Park 1. Ada juga beberapa cafe dan restauran yang bisa kita jumpai di lokasi wisata, antara lain Cafe Gokart, Cafe Colombus, Cafe Pool Side, Food Center Ken Arok, Restaurant Ken Dedes, Kawasan Masakan Tradisional, American Fast Food dan masih banyak yang lainnya sehingga Anda bebas memilih rumah makan dengan masakan yang sesuai dengan selera.

Toilet Umum
Di dalam kawasan objek wisata Jatim Park 1 terdapat toilet di 14 titik lokasi dengan total 60 kamar.

Tempat Parkir
Area parkir di objek wisata Jatim Park 1 cukup memadai karena luasnya yang mencapai kurang lebih dari 1 hektar. Namun begitu, pada hari-hari padat pengunjung, biasanya tempat parkir yang disediakan tidak bisa menampung seluruh kendaraan pengunjung. Sehingga banyak pengunjung yang parkir di sebelah pintu masuk Jatim Park 1 yang hanya berupa lahan kosong dan tidak menggunakan paving block.

Toko Souvenir atau Oleh-oleh
Jika Anda ingin membeli souvenir atau oleh-oleh, maka Anda bisa datang ke Pasar Wisata yang dengan 100 stand yang menjual berbagai aneka oleh-oleh dan kerajinan khas Jawa Timur seperti buah apel atau keripik apel dan nangka.

Tak hanya Kota Batu, Jogja juga Punya : Jogja Bay Adventure Pirates Waterpark

Tips Berwisata di Jatim Park 1


Siapkan uang cash yang cukup, karena di dalam area objek wisata Jatim Park 1 tidak terdapat mesin ATM, setidaknya itu yang saya alami pada saat datang bulan Desember 2015.
Datanglah pagi hari agar dapat menikmati lebih banyak wahana yang ada dan agar mendapatkan parkir yang lebih dekat dengan pintu masuk utama Jatim Park 1.
Jika menggunakan kendaraan umum, sebaiknya pulang sebelum jam 17.00, karena lewat jam tersebut kendaraan umum akan sulit ditemui.


Jawa Timur Park 1

Jam Buka
08.30 - 16.30 WIB

Tiket Masuk
Weekday IDR. 60.000,-
Weekend IDR. 80.000,-

Alamat Kantor :
Jl. Kartika No 2 Kota Wisata Batu - East java Indonesia 65314

Micky R Saputra

1 comment:

  1. postingan yang bermanfaat bagi kita yang mau berwisata ke Kota Batu. Kita jadi tahu tempat-tempat wisata terbaik di Kota Batu. Untuk menginap di Kota Batu bisa check website di bawah ini informasi mengenai Villa, penginapan dan homestay.
    http://www.homestaybatumalang.xyz

    ReplyDelete