Catatan Perjalanan : Mengunjungi Osaka Aquarium Kaiyukan Jepang


Osaka Aquarium Kaiyukan terletak di tepi pantai Osaka. Perjalanan dari Stasiun Osaka sekitar 20 menit, transfer di Bentencho, dan turun di Stasiun Osakako (catat, ada -ko nya). Dari stasiun jalan aja sesuai petunjuk jalan sekitar 10 menit. Jika sudah melihat bianglala raksasa, berarti sudah sampai. Aquarium ini buka dari jam 10 pagi sampai 8 malam. Hanya saja, boleh masuk ke dalam 1 jam sebelum tutup. Soalnya, 1 jam keliling itu sudah sangat buru-buru. Buesar banget ini Aquarium, termasuk yg terbesar di dunia. Kami sampai di sana sekitar pukul 6 kurang.

Bianglala Tempozan di Kompleks Osaka Bay


Ongkos masuknya cenderung mahal: 2300 yen (dewasa). Bisa juga beli tiket tahunan, jadi sekali beli tiket itu bisa masuk sepuasnya selama setahun. Harganya lebih murah (lupa, 5100 yen apa ya). Walau tampak mahal, menurut kami cukup worth it untuk dikunjungi. Khususnya membawa anak-anak atau bagi kita-kita yg masih punya jiwa anak-anak.

Karena malem, situs sangat indah dihiasi warna-warni lampu iluminasi (bukan imunisasi ataupun wahyudi ya). Bianglala. Pohon. Tempat duduk. Semua kelap kelip. Di depan gerbang Aquarium Kaiyukan lebih wah lagi… Ada seperti tenda iluminasi dan banner raksasa dari susunan lampu-lampu membentuk gambar pinguin. Dan bisa ganti gambarnya! Dan ada secret illumination juga, yg bentuknya spesial cuma tampil di waktu-waktu tertentu (katanya). Jadi kalau penasaran, harus nongkrongin terus.


Kami cuma lewat dan mengagumi iluminasi itu sebentar dan langsung mencari pintu loket masuk Aquarium. Agak sepi, cuma satu loket yang buka dan antrian cuma sedikit. Udah mepet jam tutup sih ya… Iluminasi di balik pintu loket juga cukup menarik

Termpat Loket
Masuk ke gedung Aquarium, disambut dengan ruang kosong dan loker koin. Kalau nggak mau berat bawa barang. Agak maju dikit pintu keluar ke bawah dan beberapa konter tiket dan aksesori yang tidak kami amati secara detil (mau liat ikan!). Oh ya, Osaka Aquarium Kaiyukan ini adalah aquarium indoor berlantai 8. Secara umum terdiri dari dua gedung. Gedung utama sebagai pintu masuk cuma tiga tingkat. Layoutnya cukup rumit di awal. Kami sempat nyasar dan gak tahu, ini ikannya dimana… Muter-muter tapi gak dapet juga aquariumnya dimana…

Bentuk paus
Bentuk paus


Yang jelas, begitu melewati konter oleh-oleh tadi, terdapat kolam hiu dan pari. Langsung gan! Hardcore… Jadi ini kolam terbuka, kita bisa megang-megang anak hiu dan pari yang berenang-renang di kolam. Anak-anak pun banyak yg main. Tapi jangan diremes ya… Jangan pegang buntutnya juga… Setelah selesai, jangan lupa cuci tangan juga ya adik-adik…


Awas ekornya…
Awas Ekor nya

Kolam Hiu dan Pari
Kolam Hiu dan Pari

Di samping kolam hiu ada area pinguin. Lupa yg ini jenis apa. Yang jelas ngeliatin penguin ini rasanya agak aneh. Kayak waktu terhenti. Ya, si pinguin, hobinya, diam. Ditunggui lima menit pun nggak gerak. Cuma salah satu saja yg menghamburkan suatu cairan dari pantatnya di depan pengunjung. Nggak sopan, dasar pinguin nggak sekolah.


Kandang Penguin
Kandang Penguin

Aquarium
Aquarium

Di samping yg satunya lagi ada aquarium mini kayak di rumah-rumahan. Isinya ikan-ikan kecil. Macem di screensaver itu, atau feeding frenzy. Bedanya ini realistik banget! Ya iyalah, ikan beneran.

Di balik rumah pinguin ada sarang singa laut (atau anjing laut? nggak yakin saya). Susah difoto itu orang hewan, cepet banget… Ada juga area yang didedikasikan untuk informasi mengenai pelestarian laut. Isinya banner dan poster besar ttg info lingkungan, termasuk perairan Indonesia kalau tak salah.

Setelah muter-muter gak jelas, akhirnya kami nemu jalur menuju akuarium utama… Pintu masuknya adalah terowongan yang seluruh dindingnya kaca akuarium. Isinya hiu-hiu gitu…

Anjing laut berenang-renang
Anjing laut berenang-renang
Sarang anjing laut
Sarang anjing laut

Peta Dunia Layar Sentuh
Peta Dunia Layar Sentuh

Terowongan menuju aquarium
Terowongan menuju aquarium

Setelah melewati terowongan tadi, kami menjumpai sebuah eksalator super tinggi. Yang paling tinggi yang pernah saya lihat kayaknya. Kami berada di lantai dua. Dan ini eksalator kayaknya langsung membawa kami ke lantai delapan. Berdiri di eksalator ini bisa nonton dua atau tiga video Hetalia deh.

Di atas, tiba-tiba, hutan tropis menyambut kami. Wew… Di lantai atas gedung ada hutan tropis? Lengkap sama air terjunnya… Mantab sekali… Sayang, gelap, hape tak mampu membawa pulang kewahan lokasi ini. Harus didatengi sendiri kawan.

Tangganya Sooobb...
Tangganya Sooobb...

Poster Pintu Masuk Hutan
Poster Pintu Masuk Hutan
Air Terjun di Lantai 8
Air Terjun di Lantai 8

Ada Ikannya lhooo
Ada Ikannya lhooo

Konsep Aquarium ini adalah, pengunjung turun dari lantai 8 menuju lantai bawah di jalan spiral yang sisi-sisinya adalah akuarium. Di tengah gedung ada akuarium raksasa yang besarnya dari atas hingga bawah. Dengan demikian, kita bisa melihat kehidupan laut dari berbagai sudut kedalaman serta variasi hewan dari setiap kedalaman laut tersebut.

Panjang rute kayaknya ada lebih dari 1 km. Tertulis di lantai, kita sedang ada di posisi meter berapa. Sampai disinilah cerita saya, karena setelah ini hanyalah wah dan wah saja yang kami rasakan. Seperti anak kecil, kegirangan…

Setelah ini saya melihat ikan besar dan kecil (ada yang segede kamar tidur juga kayaknya… Cumi. Kadal. Berang-berang. Kepiting. Ubur-ubur. Ubur-ubur lagi. Laba-laba laut dan hewan-hewan laut aneh lainnya.

Berinteraksi langsung dengan Lumba-Lumba
Berinteraksi langsung dengan Lumba-Lumba
Ikan Pari
Ikan Pari
Melihat ikan-ikan besar gini. Dan melihat anak-anak yg dibawa orang tuanya… Wow, taberareruka kore? Ini bisa dimakan nggak ya… Kata seorang bapak ke anaknya… Seru banget kayaknya bawa anak kesini.

Dan saya baru tahu kalau ubur-ubur itu buaanyyaak jenisnya. Ada yang merah kayak mawar. Ada yang guede. Banyak yang kecil. Ada yang seupil. Bentuknya juga keren-keren…

Setelah diburu-buru keluar karena mepet jam tutup, kami turun dengan sedikit mempercepat langkah dan akhirnya sampai di lantai bawah daerah showroom ubur-ubur tadi. Keluar tiba-tiba muncullah kami di samping sarang si anjing laut dan mulut dino yg pertama kami lihat tadi. Jam delapan lewat kami keluar gedung dan meraskan kepuasan yg luar biasa (padahal diburu sama satpam supaya cepet keluar).

 Osaka Aquarium Kaiyukan
Tiket Masuk
2,300 yen (Dewasa), 1,200 yen (usia 7-15 tahun, siswa SD dan SMP), 600 yen (usia 4-6 tahun), Gratis (usia 3 tahun dan lebih muda), 2,000 yen (usia 60 tahun ke atas)
Jam Operasional
10:00〜20:00 (Jam akhir masuk : 19:00)
Alamat
1-1-10 Kaigan-dori Minato-ku Kota Osaka, Osaka
Akses
Kereta bawah tanah Osaka jalur Chuo [Stasiun Osaka-ko]
Kontak
+81-6-6576-5501
Homepage
http://www.kaiyukan.com/language/eng/index.htm

Referensi albadrln.wordpress.com

Micky R Saputra

No comments:

Post a Comment