Nikko Edo Wonderland, Tempat yang akan membawa kita ke Zaman Edo


Nikko Edomura atau Edo Wonderland adalah sebuah taman bermain sejarah yang dirancang menyerupai Jepang pada periode Ero (1603 - 1868). Taman ini merupakan sebuah kota kecil yang dibangun dengan gaya arsitektur Edo dan dihuni oleh warga kota yang juga menggunakan kostum tradisional pada jaman Edo. Taman ini terletak di dekat Hokkaido.

Nah pada ulasan kali ini, saya akan mengajak kalian untuk mengunjungi Edo Wonderland tentunya. Untuk informasi, Edo Wonderland itu ada 2 ya di Jepang, yang satu di Hokkaido dan satunya lagi di kota Nikko, Tochigi, Jepang. Siap-siap ya! ☆ミ(o*・ω・)ノイッテキマ-ス!!

Pintu Masuk
Gambar di atas merupakan pintu masuk Edo Wonderland. Kalian harus membayar tiket masuk sekitar 2900 yen untuk menikmati suasana jaman Edo di dalam. Harga tiket itu sudah termasuk tiket untuk menikmati semua atraksi yang ada di dalam. Ayo bayar dulu ya \(^ ^)/

Jalan masuk ke Edo Wonderland

Di sebelah kanan setelah pintu masuk, kalian dapat menemukan banyak toko-toko yang menjual souvenir.
Main Pedang-pedangan

Banyak permainan yang bisa kalian coba disini dengan menggunakan koin khusus yang kalian dapat gunakan selama berada di Edo Wonderland.


Ini adalah hadiah-hadiah yang bisa kalian dapatkan jika memenangkan permainan yang ada. Jika kalian tidak menang, kalian masih dapat membawanya pulang dengan cara membelinya. Shuriken-shuriken ini bisa kamu lempar ke teman kamu ☆⌒(>。≪)


Nah ini adalah salah satu permainan yang bisa kalian coba. Caranya mudah yaitu kalian harus meniup pipa yang berisi dart (seperti gambar di atas), kemudian kalian harus arahkan agar dart tersebut mengenai sasaran yang sudah disediakan (seperti gambar di bawah). Jangan menipu nafas terlalu dalam ya, nanti malah kehisap tuh dartnya, bisa-bisa menjadi nafas terakhir kalian ―(T_T)→


Permainan lempar bola

Kalian dapat membeli pedang ninja dan samurai juga. Nah kira-kira, apa ya bedanya ninja dan samurai? Samurai adalah salah satu pangkat militer mulia sedangkan ninja biasanya seorang prajurit rahasia yang dilatih khusus untuk melakukan spionase, sabotase, infiltrasi, dan pembunuhan.


Berjalan-jalan menikmati pemandangan dan bentuk-bentuk bangunan adalah salah satu yang paling asik yang bisa dilakukan disini. Ini juga salah satu alasan mengapa Edo Wonderland banyak dikunjungi wisatawan. Kalian tidak dapat menemukan hal seperti ini di Disney land >_<



Istirahat dulu ah ε-(´・`) フー panas juga soalnya. Lihat-lihat jajanan dulu sebentar ya!

Kue-kue lucu
Snack Buat ngemil-ngemil dijalan

Mari kita lanjutkan perjalanan kita ini ... Sangat menyenangkan!


Kita singgah di rumah Ninja ya. Nah gambar di atas itu merupakan penjelasan deskripsi dari ninja.


Di rumah ninja ditampilkan berbagai alat-alat ninja, metode-metode ninja, dan kegiatan-kegiatan ninja. Ketika kita masuk ke rumah ninja ini, kita bisa mendengarkan musik-musik bertema ninja untuk lebih membangkitkan suasana.


Ini adalah gambar-gambar bentuk-bentuk tangan ninja. Yang seperti ini biasanya kita lihat di film-film bertemakan ninja, ya sebut saja Naruto. Masing-masing bentuk tangan memiliki arti tersendiri.

Peralatan dan senjata Ninja
Baiklah, sekarang kita makan siang dulu ya. Cari restoran dulu ah, yang enak yang mana ya 「(゚ペ)

Chimaki
Pesan Chimaki satu. Chimaki itu ya bacangnya orang Jepang. Di dalamnya ada daging dan dibungkus daun.


Sup Miso dan Telor
Dango
Dango itu cemilan yang rasanya manis yang terbuat dari campuran adonan tahu. Nah kalau putih-putih seperti gambar di atas, dangonya diberi tepung kacang kedelai dan gula.


Setelah makan kenyang (*´ο`*)=3 kita lanjutkan perjalanan kita ya! Mari kita jelajahi seluruh isi dari taman ini!


Selama masa Edo, seringkali terjadi kebakaran. Menara ini dibuat untuk mengintai jika ada kebakaran di kota. Sehingga kebakaran tersebut dapat di atasi sebelum menjalar ke bangunan-bangunan lainnya.



Tibalah kita di salah satu museum yang menampilkan rumah-rumah penduduk jaman Edo lengkap dengan figur-figur patung yang menggambarkan kegiatan-kegiatan penduduk Jepang pada saat itu.


Contohnya adalah yang satu ini, rumah seorang penjahit baju. Kita bisa melihat peralatan jahit pada masa itu. Jadi kita bisa mempelajari sejarahnya juga.


Tau ga kalian? Bahwa dari jaman Edo, rumah-rumah pada jaman itu sudah menerapkan desain isi rumah yang lebih tinggi dari pada lantai di luar rumah. Jadi jika kalian mau berkunjung ke rumah orang Jepang biasanya ada undakan yang harus kalian naiki. Nah inilah alasan mengapa ketika menyambut tamu, mereka bilang "Agatte Kudasai" atau yang artinya "Silahkan naik".


Coba bisa tebak tidak kira-kira profesi paman ini apa ya? ( ̄~ ̄;)ウーン・・・ Kalau kata saya sih dokter.

Pemuda dan Geisha
Rumah kosong

Pembuat payung ini bukan penduduk biasa, melainkan dia adalah seorang samurai. Jadi pada saat itu ada masa dimana samurai di Jepang kehilangan rasa wibawanya. Mungkin karena sudah tidak ada peperangan ya? Nah sehingga Saigo Takamori berencana untuk menyerang Korea untuk mengembalikan kewibawaan dari samurai Jepang.

Seorang pemuda sedang dibuatkan tatoo



Pada jaman Edo, trend rambut yang lagi terkenal adalah rambut botak di bagian atas kepala




Ini adalah Maze Ninja. Seperti rumah horor tapi bergaya ninja. Ada satu ruangan khusus dimana lantainya miring. Jika berada di dalam ruangan itu, badan kalian akan terasa berat dan mudah sekali untuk jatuh.


Di bangunan ini akan dilangsungkan pertunjukan ninja. Sayangnya pertunjukan belum dimulai. Kita mutar-mutar ke tempat lain dulu ya.


Ini adalah sebuah jembatan yang melintasi kolam Matsuga

Kolam Matsuga
Selama berada di sini kalian dapat menjumpai samurai, geisha dan pengunjung lain yang menggunakan pakaian tradisional jaman Edo.



Kuil Kucing O-Nyanko
Sepi, tidak terlalu banyak pengunjung juga ya




Gedung yang berisi dokumentasi cara pembuatan pedang

Spirit of Samurai



Sudah saatnya untuk melihat pertunjukan Ninja. Kunoichi adalah sebutan untuk ninja perempuan.


Waktu pertunjukan dimulai. Bagia kalian yang tidak mengerti bahasa Jepang, tenang saja ya, kalian masih bisa menikmati aksi berkelahi dan tali dari para ninja ini.


Foto-foto yu dengan kru pertunjukan tadi


Mereka juga menjual baju ninja, tapi sayangnya hanya untuk anak kecil saja >_<


Ayo adik-adik, hati-hati ya main pedang-pedangannya.

Siapa yang mau ikut main gasing?

Baiklah sudah saatnya pulang teman-teman. Di gerbang ini ada beberapa samurai yang siap untuk mengiringi pengunjung yang datang dan pergi.


Saya sangat menyukai bagaimana cara orang Jepang untuk menjaga tradisi mereka dan menurunkan nya kepada anak-anak mereka.

Menunggu bus di dalam tempat pemberhentian bus

Nah sekian jalan-jalan kita di Edo Wonderland kali ini. Kalian dapat mengunjungi situs nya untuk mendapatkan informasi lebih lanjut ini disini. Bagi kalian yang tertarik datang ke Edo Wonderland di  Nikko, dapat mengunjungi website mereka disini. Sebagai penutup, silahkan nikmati foto-foto perjalanan kita tadi ya. Terimakasih semuanya, ありがとう, Arigato. m(._.)mアリガト.









Alamat: 470-2, Karakura, Nikko-shi, Tochigi
Telepon: 0288-77-7777
Buka pukul: 9:00 pagi - 5:00 sore (Khusus untuk 1 Desember-19 Maret buka pukul: 9:30 pagi - 4:00 sore)
Biaya masuk: 4,500 yen (dewasa, anak 13 tahun ke atas), 2,300 yen (7-12 tahun), anak-anak dibawah 7 tahun gratis.
Tutup: Setiap hari Rabu.
Akses: Stasiun Kinugawa-onsen. Jarak tempuh dari Tokyo sekitar 1-2 jam, tergantung naik kereta lokal atau ekspres.



04 juli 2014
Writter : Mas baron
FlashPacker

Micky R Saputra

No comments:

Post a Comment