Mengunjungi Seoul Animation Center

Siaaangg Kawan...
Waah... Travel Place hari ini telat lagi publish nya... maklum nih penulis lagi banyak kerjaan kantor. jadi agak terlambat deh. tapi jangan khawatir kawan, kali ini akan saya sajikan edisi yang cukup menarik. kemarin kita masih bersantai di okinawa, sekarang kita terbang ke Korea....
Cuuuueeezzzzz..... Anyeong Haseyoooo...!!!  landing dengan mulus di Jung-gu, Seoul
Hah? ada apa di sini? udah deh... langsung aja kita cekidot!!!


Seoul Animation Center


           Berkunjung ke museum memang kerap membuat si kecil bosan. Tapi bagaimana bila yang Anda kunjungi adalah museum yang penuh dengan karakter – karakter kegemaran si kecil? Pasti buah hati Anda akan dengan sangat gembira walaupun tahu bahwa agenda perjalanan Anda selanjutnya adalah berkunjung ke museum. Saat berada di Seoul, pastikan Anda mengunjungi Seoul Animation Centre yang berada di Soparo, Jung-gu, Seoul

         Didirikan pada bulan Mei 1999, Seoul Animation Center dibuat untuk tujuan memberikan dukungan yang komprehensif untuk industri animasi Korea. Rumah ke bioskop pertama di Korea secara eksklusif ditujukan untuk film animasi, Seoul Animation Center juga memiliki sebuah ruang pameran bertema, Expirience Hall studio animasi, dan Museum Kartun.






             Sebenarnya, meskipun kerap disebut dengan nama museum, Seoul Animation Center tidak sepenuhnya berupa museum. Area ini lebih sesuai disebut dengan pusat informasi bagi segala bentuk animasi yang berkembang di Korea. Mulai dari karya berupa komik, film kartun, serta jenis – jenis animasi yang lainnya.

           Seoul Animation Center ini sudah berdiri cukup lama. Museum unik ini didirikan oleh Seoul Business Agency pada tahun 1999. Tujuannya jelas, untuk terus memompa kreatifitas dan minat pemuda Korea dalam mengembangkan animasi dalam negeri. Sekaligus, mengenalkan pada wisatawan asing yang tengah berkunjung bahwa kualitas animasi buatan Korea ternyata juga patut untuk diacungi jempol.


Alamat:
8-145 Yejang-dong, Jung-gu, Seoul

transportasi:
Subway: Jalur 4 Myeong-dong Stn, Exit 1 (7 menit berjalan menuju Namsan Park)
Bus: Yellow Bus 02 (perguruan tinggi Seoul Animation Center / Soongeui Wanita)

Jam Buka:
Selasa ~ Minggu 09:00 ~ 06:00
(Senin ditutup dan hari libur)

Harga tiket:
Seoul AniCinema: bervariasi sesuai dengan film
Stop-Motion Animated Experience: 2000 Won
4D Experience Hall: 2.000 Won









         Rasanya memang tidak semua kota memiliki museum animasi sebagaimana yang dimiliki Seoul. Tapi berhubung Seoul memang rajanya museum yang aneh – aneh, rasanya Anda sudah tidak akan heran lagi. Berkunjung ke Seoul adalah asupan nutrisi yang luar biasa bagi para penggila budaya. Tinggal pilih satu aspek yang Anda minati, dan Anda akan menemukan museumnya di sini. Salah satunya, ya Seoul Animation Center.

        Meskipun animasi acap kali diidentikkan dengan anak kecil, nyatanya pengunjung Seoul Animation Center memiliki rentangan usia yang cukup luas. Mulai dari anak – anak hingga orang dewasa yang memang masih kecanduan dengan dunia imajinasi yang kerap dihadirkan melalui animasi. Jadi, Anda tidak perlu takut dianggap kekanak – kanakan saat berkunjung ke Seoul Animation Center.







            Cukup banyak sesi yang bisa Anda nikmati di sini. Kita mulai dari yang pertama, Exhibition Halls. Setiap museum ataupun pusat budaya pasti memiliki ruangan khusus yang digunakan untuk memberikan informasi umum mengenai mayoritas koleksi yang dimiliki.

            Karena ini adalah museum animasi, Anda bisa menikmati beragam berkembangan kartun, animasi, dan game yang sempat terekam oleh media. Anda akan dimanjakan dengan perwujudan kreatifitas dalam warna dan kisah yang akan banyak Anda temui di sini.

Okey.... sekarang kita liat apa aja sih yang ada di dalam nya...


Picture Sites

      Di tempat ini menjadi surganya action figure comic serta karakter kartun buatan korea. Setiap sudut halaman maupun main gate bisa kita lihat berjajar tokoh kartun yang mungkin kita sangat mengenal nya. sehingga memanjakan para pengunjung untuk mengambil gambar berfoto dengan tokoh kartun idolanya.

Sebuah patung tinggi 3,5 meter Robot Taekwon V berdiri dengan gagah menyambut pengunjung, dan karakter dari "Dooly the Baby Dinosaur ", "Fly Super Board" dan "Jang Geum Dream" juga bersemangat menunggu untuk dimasukkan dalam foto keluarga.








       Di dalam, pengunjung dapat menemukan karakter dari "Pororo Little Penguin" dan "Pucca". Pose dan jepret foto kenangan dengan karakter animasi favorit Anda



The Animation Theater & Exhibition Hall

            The Seoul Animation Center terdiri dari 2 bangunan, bangunan utama dan Museum Kartun. Dalam bangunan utama, Teater Animasi menjalankan beberapa film animasi top Korea, termasuk fitur-panjang film animasi dan entri festival film. Selanjutnya ke teater terletak ruang pameran. Ruang pameran menampilkan pameran bertema dan 4D Experience Hall. Pengunjung dapat menikmati 3 ~ 4min film 3D di samping pengalaman 4D "King Dome Rider". Ruang pameran juga dilengkapi dengan taman bermain indoor "The Kid's World Playroom"















          Saat musim liburan, bioskop mini ini bahkan buka setiap hari demi mengantisipasi pengunjung yang membludak. Satu yang tidak bisa Anda lewatkan dari Seoul Animation Center adalah Character Experience Pavilion. Di sini, Anda bisa belajar untuk membuat karya animasi Anda sendiri dengan bantuan para profesional. Tentunya dengan software yang sudah disederhanakan sehingga Anda tidak perlu menjadi ahli di bidang animasi untuk membuat karakter Anda bisa menari – nari lucu.
















The Cartoon Museum
The Cartoon Museum memiliki 2 lantai perpustakaan sepenuhnya didedikasikan untuk buku komik dan film animasi. Perpustakaan ini terbuka untuk publik secara gratis! Pengunjung hanya diminta untuk mengisi form bentuk identifikasi di mana perpustakaan dapat secara bebas dilihat.



















            Dan yang lebih menyenangkan, Anda bisa pula membaca dari perpustakaan komik yang tersedia. Ada puluhan ribu komik yang terdapat di perpustakaan ini. Kebanyakan memang menggunakan bahasa Korea. Tapi tetap tidak ada salahnya bagi Anda untuk menikmati karya dari para seniman melalui gambar yang disajikan. Tetap menarik.

           Melangkah ke lantai dua dari Cartoon Museum, Anda akan diberikan pilihan film animasi, film kartun, serta beberapa potongan film dari video game. Di lantai ini pula terdapat satu bioskop mini yang memutar film kartun berbeda setiap akhir pekannya.



















       Mahalkah menikmati semua kesenangan di Seoul Animation Center? Tidak juga. Untuk menjajal membuat animasi Anda sendiri, Anda hanya dikenakan biaya sebesar 2000 won. Tarif yang sama juga dikenakan untuk bioskop 4D. Sedangkan untuk bioskop non 4D, tarifnya akan menyesuaikan dengan film apa yang sedang diputar. Di luar itu, Anda bisa menikmati semua fasilitas yang ada dengan cuma – cuma.

            Ingin pengalaman yang lebih menarik? Bila Anda berkunjung di kisaran bulan April hingga Oktober, Anda bisa melihat langsung pertunjukkan kelihaian dari para kartunis Korea yang akan menggambar karakter dalam hitungan detik. Sesi yang dibuka mulai dari pukul 14.00 hingga 17.00 ini, juga dibarengi dengan beberapa pertunjukan lainnya. Tarifnya juga cukup terjangkau, Anda hanya perlu membayar 5000 won.

          Anda bisa datang dengan menggunakan Subway Line 4 yang menuju Myengdong Station dan turun di Exit 1. Berjalan kaki kurang lebih tujuh menit ke arah Namsan Park dan Anda sudah sampai di lokasi.

Jadi tunggu apa lagi?? buruan... tambah koleksi foto perjalanan anda...

Micky R Saputra

No comments:

Post a Comment