Pengetahuan Dasar Menjadi Backpacker Pemula



Saat ini hampir setiap orang memiliki impian untuk bisa melakukan backpacking mengunjungi tempat-tempat wisata yang mereka inginkan. Tidak jarang permasalahan biaya menjadi salah satu alasan mengapa pilihan menjadi backpackers menjadi pilihan yang tepat dan sesuai. Apalagi bagi para pelajar dan mahasiswa. Untuk menjadi backpackers tentu saja tidak mudah. Dilansir dari studenuniverse, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjadi seorang backpackers. Berikut tips dan caranya !

Efisiensi
Anda harus efisien jika ingin melakukan perjalanan dengan cara backpacking. Salah satunya adalah dengan tidak membawa banyak barang ketika liburan. Hal ini bisa membuat Anda kerepotan dan juga kekurangan waktu guna menikmati beberapa tempat menarik. Dan dengan efisiensi ini, Anda bisa mempersingkat waktu dan juga menghemat biaya lainnya seperti bagasi pesawat.

Memberikan kabar kepada orang lain
Ada kesalahan yang sering dilakukan backpacker ketika hendak berlibur. Salah satunya adalah dengan tidak memberitahu keluarga atau teman mereka. Padahal peran ini sangat penting guna melakukan perjalanan backpacking Anda agar tidak terganggu. Selain itu bermanfaat jika Anda dalam keadaan mendesak. Anda pun bisa belajar dari film 127 Hours. Di film tersebut seorang backpacker terjebak di celah batu dan harus memotong tangannya sendiri untuk lolos. Film tersebut berdasarkan kisah nyata seorang backpacker yang pergi tanpa memberi kabar pada orang lain, akibatnya tidak ada yang bisa menolongnya kecuali dirinya sendiri.

Cari penginapan dengan fasilitas sarapan pagi

Salah satu cara untuk backpacking adalah mencari penginapan yang memiliki fasilias sarapan pagi atau juga penginapan dengan fasilitas dapur. Rata-rata sebagian orang akan memilih fasilitas sarapan pagi yang tidak akan repot. Hal ini bisa menghemat biaya Anda untuk mencari makanan di luar. Apalagi jika memiliki fasilitas dapur. Anda bisa memasak makanan Anda sendiri.

Booking sejak awal
Disarankan untuk mencari informasi yang komplit dan detail tempat wisata yang akan Anda tuju. Hal ini tentu saja berhubungan dengan tarif dan juga transportasi di sekitar tempat wisata tersebut. Cari tahu juga mengenai penginapan. Jika semuanya sudah lengkap, booking sejak awal tiket, penginapan dan berbagai macam keperluan lainnya agar tidak merepotkan di sana.

Bawa makanan ringan
Anda harus menyediakan ruang khusus di tas Anda untuk membawa makanan ringan. Hal ini untuk membuat Anda tidak merasa lapar ketika mengunjungi beberapa lokasi wisata. Tentu saja bisa menghemat biaya.

Berjalan kaki
Perjalanan backpacking tentu saja bukan wisata mewah. Jadi Anda sesekali harus rela berjalan kaki mengunjungi tempat wisata. Jangan menggunakan taksi. Hal ini jelas lebih efisien dalam hal menghemat biaya meski kurang efisien dalam hal waktu. Bisa juga menggunakan bus untuk menuju ke lokasi wisata yang akan Anda tuju.



Sumber

Micky R Saputra

No comments:

Post a Comment