Forbidden City, Saksi Bisu Sejarah Panjang Kekaisaran China


Dikelilingi oleh parit selebar 52 meter dan terletak di jantung Kota Beijing, Forbidden City atau Kota Terlarang merupakan salah satu peninggalan bangunan kuno terbesar Cina yang masih terawat dengan baik hingga sekarang. Tidak hanya itu, Forbidden City juga kompleks istana terbesar di dunia.

Kini, Forbidden City secara umum dikenal sebagai Palace Museum (故宫 博物馆; Gugong Bówùguǎn), sementara kebanyakan orang China menyebutnya Gu Gong (故宫; istana kuno).
Forbidden City adalah istana kekaisaran Cina dari Dinasti Ming hingga Dinasti Qing. Selain sebagai rumah kaisar, tempat ini juga pusat seremonial dan politik pemerintah Cina selama hampir 500 tahun.
Dibangun pada 1406-1420, di kompleks ini terdapat 980 bangunan yang mencakup 72 ha. Kompleks istana didominasi dengan arsitektur megah tradisional Cina.

Sudut Barat Laut dari Forbidden City, Beijing, China
Sudut Barat Laut dari Forbidden City, Beijing, China


Keberadaannya telah mempengaruhi perkembangan budaya dan arsitektur di Asia Timur dan di tempat lain. Forbidden City dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 1987 dan terdaftar di UNESCO sebagai warisan terbesar struktur kayu kuno yang masih terawat dengan baik di dunia.
Meski dikenal sebagai “Kota Terlarang”, bukan berarti Forbidden City tidak boleh dimasuki. Justru, Forbidden City merupakan salah satu destinasi utama wisata Cina. Di area kawasan ini juga sudah tersedia restoran, kafe, toilet dan bahkan ATM.

Tempat ini dulunya merupakan tempat tinggal bagi kaisar China atau putra langit. Kota Terlarang Cina terletak tepat di jantung kota Beijing dan merupakan rumah dari 24 kaisar dari Dinasti Ming dan Qing. Pembangunan konstruksi istana tersebut dimulai pada tahun ke-4 Kaisar Yongle dari Dinasti Ming yang berkuasa pada tahun 1406 dan berakhir 14 tahun kemudian pada tahun1420.
Pintu masuk mao di belakang lapangan Tiananmen
Pintu masuk mao di belakang lapangan Tiananmen


Selama zaman kuno, kaisar diklaim sebagai putra surga, sehingga memiliki kekuasaan tertinggi. Rumah mereka di Bumi adalah replika kerajaan langit, sehingga dibangun menyerupai Istana di surga di mana kaisar langit tinggal. Tempat yang begitu sakral seperti ini tentu dilarang untuk orang-orang biasa, yang mana kemudian disebut sebagai Kota Terlarang atau Forbidden City namanya.

Arsitektur indah adalah representasi dari puncak esensi arsitektur tradisional Cina. Istana ini telah menjadi harta peninggalan sejarah dari kebesaran budaya Cina dan diakui sebagai salah satu dari 5 istana yang paling penting di seluruh dunia.
Shenwumen Gate of the Forbidden City

Selama tahun 1961, museum ini menjadi sebuah monumen sejarah penting di bawah pelestarian khusus pemerintah pusat China. Kemudian pada tahun 1987, museum ini adalah nominasi calon warisan budaya dunia, UNESCO. Kota Terlarang adalah sebuah negara yang diawetkan dengan berbentuk imperial istana dan merupakan struktur terbesar dari dunia kuno. lingkungan istana ini mencakup sekitar 72 hektar tanah, memiliki total 150.000 meter persegi luas lantai. Ada 90 halaman dan istana nya memiliki 8.704 kamar, dan 980 bangunan. Kota ini dikelilingi oleh parit selebar 6 meter, serta dinding yang memiliki tinggi 10 meter, serta memiliki gerbang di setiap sisi. 

Parit yang mengelilingi istana
Parit yang mengelilingi istana

Hiasan Patung Kepala Naga
Hiasan Patung Kepala Naga


Referensi : Nina Lounge

Micky R Saputra

No comments:

Post a Comment