Mengunjungi Gundam raksasa, Tulip dan Liberty di Odaiba


Hari ketiga di Tokyo ini rencananya kita mau ke Odaiba di pagi hari, mau lihat Gundam raksasa di Tokyo Diver City yang terkenal itu lho. Apakah Gundam itu?...silakan digugel ajeh atau ini wikipedianya. Intinya mah robot gedaaaa banget.

Odaiba city, begitu nama populernya area yang akan kita tuju, sebenernya merupakan sebuah pulau buatan (hasil reklamasi) yang tadinya dibuat sebagai pulau benteng ("Daiba" artinya Benteng) pada masa periode Edo untuk melindungi Tokyo dari serangan laut, karena lokasinya ada di Teluk Tokyo. Kemudian ke depannya berubah menjadi area pusat perbelanjaan dan area menarik lainnya untuk dikunjungi wisatawan, termasuk juga area terbuka seperti taman, observation deck dan lainnya.

Untuk menuju Odaiba sendiri ternyata sungguh suatu perjuangan. Entah kita aja yang tolol karena masih bloon untuk ngertiin peta transportasi Tokyo ya, kok ya ngabisin waktu nyaris sejam lebih dari hotel kita di Kinshicho untuk nyampe di Odaiba. Jadi gegaranya adalah kita udah beli dong tiket One Day pass (Tokyo Furii Kippu - JPY 1580/ orang) di Tokyo untuk naik Subway, JR Train, metro dan bus, terus kita pikir oiya udah bereslah ke Odaiba ini. Nah rute kita mulai dari stasiun Tokyo dong ya, berdasarkan contekan Hyperdia, rutenya tuh : Tokyo - Shimbashi (JR Yamanote line) - ODAIBA-KAIHINKOEN (by Yurikamome line).
Nah sampelah kita di Shimbashi, jalan kaki dikit buat pindah platform Yurikamome, eh ternyataaa...si Yurikamome line ini ngga termasuk dong di One Day Pass Tokyo yang kita punyaaaaa. Harus bayar lagi JPY 320 per orang.
Dueengg!...
Tante udah bete tapi masih mau bayar sih sebenernya, eh tumben si pak Suami bilang gak mau, pokoknya kita jangan mau rugi harus bisa yang cover semua di Tokyo Furii Kippu. Eyke bengong...tumben nih dese apa udah ketularan meditnya sama eyke apa begimana? hahahaha.
Ya udah, muterlah kita balik ke stasiun Shimbashi dan ngecek Hyperdia lagi, kita juga bisa turun di Tokyo Teleport dengan Rinkai Line via JR Saikyo Line (pusing ngga bacanya? kita aja puyengggg banget waktu mau kesini nyari-nyari signage-nya). 
Sekitar Mall Tokyo Diver
Sekitar Mall Tokyo Diver
Singkat cerita, sampelah kita di Odaiba. Terus langsung nyari dimana letaknya mall Tokyo Diver yang ternyata deket aja jalan kaki lewatin jembatan layang buat orang (skywalk kali yeh nama kerennya) yang cukup panjang, terus kita berdua jompo dong, turunnya males pake tangga dan nyari....lift. Hahahaha. Seperti yang diduga liftnya cuma sebiji dan antreannya adalah ibu-ibu dengan stroller plus nenek-nenek...sumpeeee, saya ngakak abis-abisan, terus pak Suami minder sendiri tuuh, akhirnya dia naik tangga, saya sih tetep naik lift, bodo amat, ngga kenal ini sama yang lainnya. Pokoknya saya mah selama ada eskalator dan lift selama perjalanan ngga mau rugi deh bener, simpen tenaga buat yang penting-penting ajaaa. Teknologi diciptakan untuk mempermudah hidup kita bukan?! #pembenaran.
Ternyata mall Tokyo Diver City ini cukup besar, ada  Uniqlo, Matsumoto Kiyoshi, H n M, Hello Kitty Japan, Cath Kidston, Café de Miki with Hello Kitty, Daiso dan banyak lagi lah, food courtnya juga besar. Tapi kita ngga banyak liat isi mall sih memang selama di Jepang, kita disini langsung menuju Gundam Front cafe aja, jadi depannya Gundam Cafe tuh ada patung Gundam gede banget, apa sih Gundam itu? plis gugel aja yah, eyke ngga ngerti juga males jelasinnya, hehehe.
Gundam raksasa di Odaiba
Gundam raksasa di Odaiba
Gundam in detail tampak depan, belakang dan kaki (berhubung yg eye level ya kakinya itu)
Gundam in detail tampak depan, belakang dan kaki (berhubung yg eye level ya kakinya itu)
Gundam cafe dan Gundam front kalo mau ngemil en blenji suvenir gundam
Gundam cafe dan Gundam front kalo mau ngemil en blenji suvenir gundam
Sebenernya ini demi pak Suami aja sih penasaran pengen liat langsung di Jepun yang namanya Gundam. Saya mah cuma foto-foto doang dikit terus duduk di bangku taman, buka bekal kue Dorayaki yang kemarin beli di pasar Tsukiji, sambil nungguin pak Suami sibuk moto-motoin tuh Gundam (buat apaan juga ngga ngerti, secara dia orangnya males sosial mediaan, terus biasanya abis moto di hape udah aja gitu ngga diapa-apain lagi).

Oiya Gundam raksasa ini ada jadwal pertunjukannya lho, walaupun ngga bisa baca pengumumannya (soalnya pake huruf kanji bo) tapi kayaknya sih setiap jam-jam tertentu akan diputerin cuplikan filmnya di layar gede diatas Gundam cafe itu terus si gundam raksasa itu akan bergerak-gerak. Kita pikir tadinya bergerak beneran. Ternyata cuma gerak-gerakin kepalanya aja, noleh-noleh...hehehe, kurang greget ah, coba jalan beneran tuh robot raksasa, pasti lebih epik.
Pengumuman tentang pertunjukan gundamnya, silakan lho yang udah kursus bahasa Jepang translate-in.
Pengumuman tentang pertunjukan gundamnya, silakan lho yang udah kursus bahasa Jepang translate-in.
Oiya, saya videoin juga sehh sewaktu pertunjukan gundam itu, ini videonya di Youtube.
Udah bosen liat robot gede, saya ngajakin liat taman disekitar situ yang lagi mekar semua...TULIP nyaaaa!!!.
Tulip beraneka warna
Tulip beraneka warna
Mau foto begini nungguin sepinya lama banget, niat abis!
Mau foto begini nungguin sepinya lama banget, niat abis!
Iyaaah tulip bok, banyak banget, gendut-gendut unyu, gemetss banget...berbagai warna pula, cantiiik deeeh. Ih mimpi apah ya bisa liat tulip di Jepang, padahal udah 2x ke Belanda dan ngga pernah hoki ketemu tulip di negara asalnya, sekarang malah niat liat Sakura mekar, dapet bonus liat Tulip mekar juga. Duh, Alhamdulillah, berkah Allah mana lagi yang kau dustakan #ambilrebana #kasidahandulu.
Pak suami juga sama excited-nya, hahaha, dia langsung moto-motoin saya (eh loh?) dengan background dan foreground tulip aneka warna itu, saya sebagai 'korban'nya ya nurut ajah. Hehehe.
Model dadakan
Model dadakan
Taman di sekitar tokyo Diver.
Taman di sekitar tokyo Diver.
Itu bocah-bocah ngga jelas pada main apaan gegoleran aja gitu disitu
Terus kita jalan terus menuju arah Rainbow bridge. Sebenernya di Odaiba ini banyak banget lho yang bisa dikunjungi kalau punya waktu bisa seharian seharusnya, apalagi kalau punya anak kecil puas deh disini macem-macem banget tempat menariknya, seperti ; Pallete Town, Leisureland, Ferris Wheels (alias Bianglala), Toyota Mega Web (semacam museum mobil Toyota dari jaman dulu sampe tercanggih), Aquacity Odaiba dan beberapa museum. Contekannya bisa lihat di halamannya Japan Guide ini aja yah.
Lanjut...sampailah kita di deck pinggiran teluk Tokyo, deck-nya lebar banget gitu, jadi ada beberapa 'pengamen' dengan atraksi sulap, nge badut lah sama yang banyak lainnya ya turis pada foto-foto termasuk kita, terutama karena disini ada...Patung Liberty!, eh lho kok? maksudnya gimanaaa? gagal paham juga sayah. 
LIberty rasa sakura
LIberty rasa sakura
Jadi menurut hasil gugel, patung Liberty KW-an ini dipasang dalam rangka tahun 1998-1999 mereka merayakan jalinan persahabatan antara Jepang dan Perancis (Kok Lady Liberty hubungannya kenapa Perancis hayooo...tau ngga kenapa? yang bisa jawab pertama kali nanti saya kirimin KitKat green tea yaa - GIVEAWAY nich). Tapi terus saking populernya akhirnya ya udah dipasang aja terus di Odaiba ini. Emang lucu sih buat spot foto-foto ala ke NYC buat boongin orang, hahaha. Angle yang bagus itu kalau bisa dapet patung Liberty-nya dengan background gedung-gedung tingginya Tokyo, Tokyo Tower, Tokyo Skytree dan Rainbow bridge, bonus pohon Sakura karena pas lagi musim, hehehe.
Angle ini kurang maksimal seberernya
Angle ini kurang maksimal seberernya
Oiya ada yang aneh sewaktu kita kembali ke stasiun kereta ya, kan dari Tokyo Teleport itu kita mau ke Yokohama via Osaki, eh mosok tiket One Day Pass Tokyo kita ngga bisa lagi lohhh, kesel deh, ngga ngerti kenapa, padahal kan tadi waktu dateng juga kita dari stasiun yang sama ini keluarnya. Jadilah kita bayar lagi juga JPY 330 ke stasiun Osaki, agak gak rela deh. Barengan kita juga ada sekeluarga bule yang ikutan ngomel-ngomel karena kasus yang sama dengan kita, tapi kayaknya percuma mecucu di Jepang deh, dicuekin aja gitu, hiks.

Dari Odaiba ini kita naik kereta lagi rencananya mau ke Yokohama, mau lihat-lihat aja sekalian mau ke Museum Ramen, yam...yam..yam.

baca juga:


Referensi : Travelingcow.com

Micky R Saputra

No comments:

Post a Comment